Tujuan Pembelajaran
Setiap guru
perlu memahami tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan memiliki kaitan yang
sangat erat terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran dikatakan
berhasil ketika siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.
Tujuan pembelajaran merupakan perilaku hasil belajar
yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran.
Berikut pendapat beberapa ahli mengenai tujuan pembelajaran:
1. Robert F Mager
(1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang
hendak yang hendak dicapai atau yang dapat yang dapat dikerjakan oleh si oleh
siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu.
2. Kemp (1977) dan
David F. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu
pernyataan yang spesifik yang dinyatakan oleh perilaku atau penampilan
yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar
menggambarkan hasil belajar yang diharapkan. yang diharapkan.
3. Oemar Hamalik
(2005) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu deskripsi mengenai
tingkah laku yang diharapkan setelah tercapai oleh siswa setelah berlangsung
pembelajaran.
Meskipun para ahli memberikan
rumusan tujuan pembelajaran yang beragam, tetapi semuanya menunjuk pada esensi
yang sama, bahwa :
1. Tujuan
Pembelajaran adalah tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa
setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
2. Tujuan
dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau deskripsi yang spesifik. Yang menarik
untuk digaris bawahi yaitu pemikiran David E. Kapel bahwa perumusan tujuan
pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini
mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran dibuat secara
tertulis ( Written Plan )