Tujuan Pembelajaran

 

 Setiap guru perlu memahami tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan memiliki kaitan yang sangat erat terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran dikatakan berhasil ketika siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.

Tujuan pembelajaran merupakan perilaku hasil belajar yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Berikut pendapat beberapa ahli mengenai tujuan pembelajaran:

1. Robert F Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah    perilaku yang hendak yang hendak dicapai atau yang dapat yang dapat dikerjakan oleh si oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu.

2. Kemp (1977) dan David F. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan  pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan oleh  perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk  menggambarkan hasil belajar menggambarkan hasil belajar yang diharapkan. yang diharapkan.

3. Oemar Hamalik (2005) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan setelah tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran.

Meskipun para ahli memberikan rumusan tujuan pembelajaran yang beragam, tetapi semuanya menunjuk pada esensi yang sama, bahwa :

1. Tujuan Pembelajaran adalah tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran

2. Tujuan dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau deskripsi yang spesifik. Yang menarik untuk digaris bawahi yaitu pemikiran David E. Kapel  bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan  pembelajaran dibuat secara tertulis ( Written Plan )

No comments

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.