PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
Seorang pendidik di tuntut
untuk menguasai materi yang diajarkan dan mampu menyampaikan materi tersebut secara
efektif dan efisien. Oleh karena itu, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan
pengalaman dan pengetahuan mengenai siapa yang diajar serta bagaimana cara
menyampaikan materi dengan baik. Supaya seorang pendidik dapat melaksanakan tugas
pokok dan fungsi sebagai seorang pendidik, maka pendidik perlu menyiapkan
perencanaan pembelajaran.
Perencanaan merupakan pengambilan
keputusan untuk mencapai tujuan, sedangkan pembelajaran merupakan seperangkat
peristiwa yang dilakukan oleh guru untuk mengelola fasilitas dan sumber daya
yang tersedia agar dapat dimanfaatkan siswa dalam mempelajari sesuatu. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan
secara rasional tentang tujuan pembelajaran tertentu dengan memanfaatkan segala
potensi dan sumber belajar yang ada.
Perencanaan pembelajaran memilki
beberapa karakteristik antara lain yang pertama, perencanaan pembelajaran disusun
secara terstruktur dengan mempertimbangkan segala aspek kemungkinan yang dapat
terjadi. Kedua, perencanaan pembelajaran disusun untuk mengubah perilaku siswa sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai. Ketiga, perencanaan pembelajaran berisi
rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan.
Upaya membuat perencanaan
pembelajaran bertujuan supaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan
kualitas pembelajaran harus dimulai dari perbaikan perencanaan pembelajaran. Dalam
membuat rencana pembelajaran harus dipilah manakan yang dapat bisa diukur pencapaiannya
dan manakah yang merupakan urunan dari sejumlah aktivitas pembelajaran. Dalam merencanakan
pembelajaran harus mempertimbangkan variabel yang mempengaruhi pembelajaran
yaitu kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran.
Kondisi pembelajaran mencakup
semua hal yang tidak dapat dimanipulasi dan diprediksi oleh pendidik, sehingga
harus diterima bagaimanapun hasilnya. Metode pembelajaran mencakup semua hal yang
dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan hasil
pembelajaran merupakan semua aspek yang muncul dari penggunaan metode tertentu.
Prosedur perencanaan
pembelajaran antara lain:
·
Mengidentifikasi
kebutuhan pembelajaran
·
Menganalisis
pembelajaran
·
Mengidentifikasi
perilaku dan karakteristik awal peserta didik
·
Menulis
tujuan pembelajaran
·
Mengembangkan
BAP (Butir Acuan Patokan)
·
Mengembangkan
strategi pembelajaran
·
Mengembangkan
bahan ajar
·
Melaksanakan
evaluasi formatif dan sumatif