Sumber gambar: beritasatu.com

Hakikat Pembelajaran 

Pembelajaran merupakan proses dimana seseorang memberikan pengetahuan kepada orang lain supaya dapat menguasai dengan baik, mahir, dan benar. Pembelajaran juga dapat berarti suatu proses di mana seseorang membantu orang lain dalam membentuk sikap dan karakter pada diri orang tersebut. 

Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan "pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”. Dari undang-undang tersebut mengandung makna bahwa ada beberapa unsur penting dalam pembelajaran yaitu adanya peserta didik, adanya pendidik, adanya sumber belajar pada lingkungan belajar.     

Selain mengacu Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, dalam mendefinisikan makna dari pembelajaran juga dapat mengacu pada pendapat para ahli. Berikut beberapa definisi Pembelajaran menurut para ahli : 

1. Oemar Hamalik

Pembelajaran adalah “suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran”. Oemar Hamalik mengemukakan 3 (tiga) rumusan  yaitu: Pembelajaran adalah upaya mengorganisasikan lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik. Pembelajaran adalah upaya mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang baik. Pembelajaran adalah suatu proses membantu siswa menghadapi kehidupan masyarakat sehari-hari.

2. Syaiful Sagala

Pembelajaran adalah “proses memberikan ilmu kepada siswa dengan memerhatikan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”. Dimana pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, yaitu guru yang mengajar dan murid yang belajar.

3. Sudjana

Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik “warga belajar” dan pendidik “sumber belajar” yang melakukan kegiatan membelajarkan.

4. Corey

Pembelajaran diartikan sebagai proses dimana lingkungan seseorang dengan sengaja dikelola untuk mengubah tingkah laku serta menghasilkan respon yang lebih baik pada proses belajar.

5. G.A Kimbleg

Pembelajaran merupakan komunikasi dua arah yang dilakukan oleh guru dan murid. Perubahan pemahaman yang terjadi pada siswa akan bersifat kekal dan relatif bisa dipertahankan jika diimbangi dengan latihan.

Dari definisi yang dikemukakan oleh para ahli dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran merupakan sebuah proses pemberian ilmu kepada seseorang yang dilakukan secara terstruktur dan dikelola secara sengaja dengan memperhatikan asas pendidikan.

Pembelajaran memiliki ciri-ciri serta karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan sistem lainnya. Berikut merupakan ciri-ciri pembelajaran:

  • Mampu menumbuhkan motivasi dan perhatian siswa dalam belajar.
  • Dilakukan dengan sadar dan sudah direncanakan secara sistematis dan teratur.
  • Dapat menggunakan alat bantu belajar guna menarik perhatian dan meningkatkan suasana belajar yang lebih menyenangkan.
  • Menyediakan bahan belajar yang lebih menarik dan menantang bagi para siswa.
  • Mampu membuat siswa menerima materi secara maksimal, baik fisik maupun psikologis.

No comments

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.